Cara Membuat RPP Berbasis Pembelajaran Mendalam
Pembelajaran Mendalam mengedepankan prinsip berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan serta menekankan tahapan memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. RPP yang disusun dengan pendekatan ini harus bersifat holistik dan kontekstual.
1️⃣ IDENTIFIKASI
Peserta Didik: Kenali kesiapan belajar, minat, latar belakang, dan kebutuhan belajar mereka.
Materi Pelajaran: Analisis jenis pengetahuan (esensial, aplikatif, nilai dan karakter), keterkaitan dengan kehidupan nyata, serta relevansinya.
Dimensi Profil Pelajar Pancasila: Tentukan dimensi mana yang ingin dicapai (misalnya: berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dll).
2️⃣ DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran (CP): Tentukan berdasarkan fase/jenjang.
Tujuan Pembelajaran: Rumuskan dengan kata kerja operasional, kondisi, dan indikator pencapaian.
Topik Pembelajaran: Pilih topik yang kontekstual dan lintas disiplin jika memungkinkan.
Praktik Pedagogis: Gunakan model seperti projek, inkuiri, kontekstual, problem-based, atau diferensiasi.
Kemitraan Pembelajaran: Sertakan kolaborasi dengan guru lain, masyarakat, atau mitra profesional.
Lingkungan Pembelajaran: Rancang integrasi ruang fisik, virtual, dan budaya belajar.
Pemanfaatan Digital: Sertakan aplikasi/alat digital untuk mendukung pembelajaran.
3️⃣ LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
🔹 Tahap AWAL (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
Apersepsi dan motivasi dengan video, permainan, atau tanya jawab
Menyampaikan tujuan pembelajaran
🔹 Tahap INTI (Memahami, Mengaplikasi, Merefleksi) Memahami
Siswa mengakses pengetahuan dasar dari buku, diskusi, atau observasi
Menjawab pertanyaan pemantik, membuat peta konsep, dll
Mengaplikasi
Siswa menerapkan pengetahuan melalui proyek, studi kasus, simulasi, wawancara, atau eksplorasi
Merefleksi
Siswa menuliskan jurnal, mempresentasikan hasil, menerima umpan balik, dan menyusun rencana tindak lanjut
🔹 Tahap PENUTUP
Menyimpulkan pembelajaran
Menyusun rencana pembelajaran berikutnya bersama peserta didik
Memberikan penghargaan atas keterlibatan siswa
4️⃣ ASESMEN PEMBELAJARAN
Gunakan tiga pendekatan asesmen:
Assessment as Learning: jurnal reflektif, self-assessment
Assessment for Learning: observasi, pertanyaan diagnostik, peta konsep
Assessment of Learning: penilaian proyek, produk, presentasi, tes tulis/lisan
📌 Tips:
Gunakan format RPP 1 lembar atau RPP lengkap sesuai kebutuhan sekolah.
Gunakan kata kerja tingkat tinggi (HOTS) dalam tujuan dan kegiatan belajar.
Gunakan media digital seperti LMS, Padlet, Quizziz, Canva, dll untuk keterlibatan siswa.
https://lynk.id/muh.anas13
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar