Satuan
Pendidikan : SMK NUSANTARA
Mata
Pelajaran : PAI
Kelas/
Semester : X/ ganjil
Alokasi
Waktu : 3x 45 menit (3 PERTEMUAN)
Tahun Ajaran
: 2025 / 2026
IDENTIFIKASI
PESERTA DIDIK: Peserta didik pada umumnya adalah tipikal/reguler. Guru akan
melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran dimulai
untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mereka terkait Q.S. Al-Maidah/5:48 dan
hadis tentang kompetisi dalam kebaikan, serta kemampuan mereka dalam membaca
Al-Qur’an. Hasil kuis ini akan digunakan untuk mengelompokkan peserta didik
menjadi mahir, sedang, dan kurang dalam membaca Al-Qur’an, sehingga kebutuhan
belajar mereka dapat difasilitasi dengan lebih baik. Minat peserta didik akan
distimulasi melalui model pembelajaran Discovery Learning dan penggunaan media
yang bervariasi seperti PPT dan QR Code dari buku teks. Latar belakang peserta
didik yang beragam akan diakomodasi melalui diskusi kelompok dan kesempatan
untuk bertanya mengenai permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.
MATERI
PELAJARAN: Materi pelajaran ini mencakup kajian Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis
tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan. Jenis pengetahuan yang akan
dicapai meliputi pemahaman konsep (analisis isi kandungan), prosedural (membaca
dan menghafal sesuai tajwid), dan afektif (mengimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari). Relevansi dengan kehidupan nyata peserta didik sangat tinggi
karena materi ini mengajarkan pentingnya berlomba-lomba dalam kebaikan dalam
setiap aspek kehidupan. Tingkat kesulitan materi disesuaikan dengan fase E
(Kelas X SMK) dan akan disampaikan secara bertahap melalui tiga pertemuan.
Struktur materi dimulai dari aspek teknis (membaca dan menghafal), kemudian
interpretatif (tafsir isi kandungan), dan terakhir aplikatif (implementasi). Materi
ini juga mengintegrasikan nilai dan karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu
Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Mandiri, dan
Bergotong royong.
DIMENSI
PROFIL LULUSAN:
- Keimanan dan Ketakwaan terhadap
Tuhan YME
- Mandiri
- Kolaborasi
- Kemandirian
DESAIN
PEMBELAJARAN CAPAIAN PEMBELAJARAN: Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5:48
dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan. Peserta didik dapat membaca dan
menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48 tentang kompetisi dalam kebaikan. Peserta didik
dapat menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi
dalam kebaikan, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an. Peserta didik dapat
mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
TOPIK
PEMBELAJARAN: Al-Qur’an dan Hadis/Kajian Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Hadis tentang
Perintah untuk Berkompetisi dalam Kebaikan
TUJUAN
PEMBELAJARAN: Pertemuan 1: Peserta didik dapat membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48
tentang kompetisi dalam kebaikan. Pertemuan 2: Peserta didik dapat menganalisis
Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan, serta menjelaskan
isi kandungannya. Pertemuan 3: Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48
dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
PRAKTIK
PEDAGOGIS:
- Discovery Learning
- Diskusi kelompok
MITRA
PEMBELAJARAN:
- Guru bidang studi lain (untuk
potensi integrasi materi)
- Orang tua (untuk mendukung
praktik di rumah)
- Komunitas/Tokoh Masyarakat
(jika ada relevansi dengan implementasi kebaikan di lingkungan sekitar)
LINGKUNGAN
PEMBELAJARAN:
- Ruang Fisik: Kelas,
Perpustakaan (untuk mengakses buku tafsir), Lingkungan sekolah (untuk
implementasi nilai kebaikan)
- Ruang Virtual: Platform daring
untuk mengakses bahan bacaan tambahan (jika diperlukan)
- Budaya Belajar: Kolaboratif,
berpartisipasi aktif, dan rasa ingin tahu
PEMANFAATAN
DIGITAL:
- Perencanaan: PPT (untuk bahan
tayang)
- Pelaksanaan: QR Code (untuk
mengakses buku dan soal)
- Asesmen: Kuis (bentuk
diagnostik) , Soal latihan bab/tipe AKM (untuk mengecek pemahaman)
PENGALAMAN
BELAJAR Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna)
- Peserta didik menjawab salam
guru.
- Perwakilan peserta didik
memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
- Peserta didik menanyakan kabar
guru dan mengecek kehadiran peserta didik.
- Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin
oleh ketua kelas, membaca Q.S. Al-Baqarah/2:48 dan terjemahannya secara
tartil.
- Guru memberikan apersepsi
tentang cara membaca Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan.
- Guru memberikan gambaran
tentang cara membaca yang benar sesuai tajwid Q.S. Al-Maidah/5:48 dan
hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cara membaca yang benar Q.S. Al-Maidah/5:48
dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
- Guru memberikan pertanyaan
pemantik: "Bagaimana cara membaca yang benar Q.S. Al-Maidah/5:48 dan
hadis tentang kompetisi dalam kebaikan?"
Kegiatan
Inti Memahami (Berkesadaran, Bermakna)
- Peserta didik melakukan tes
membaca Q.S. Al-Maidah/5:48 untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an.
- Peserta didik dikelompokkan
menjadi tiga kelompok (mahir, sedang, kurang) berdasarkan hasil tes
membaca.
- Peserta didik berlatih membaca
Al-Qur’an dan hadis dengan memindai QR Code dari Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 2 dan 9.
- Peserta didik bertanya terkait
permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.
Mengaplikasi
(Bermakna, Menggembirakan)
- Peserta didik dalam kelompok
melakukan Kegiatan Aktivitas Mandiri dan Ruang Kolaborasi dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 11 untuk
memahami cara membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48.
- Peserta didik dalam kelompok
berlatih mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Q.S. Al-Maidah/5:48.
- Peserta didik dalam kelompok
mengidentifikasi arti perkata dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis yang
terkait.
- Guru berkeliling melihat
kegiatan peserta didik dalam kelompok masing-masing dan memberikan bantuan
terbatas jika ada kesulitan.
Merefleksi
(Berkesadaran, Bermakna)
- Perwakilan kelompok
mempresentasikan hukum tajwid yang terdapat dalam Q.S. Al-Maidah/5:48.
- Kelompok lain menanggapi dan
memberikan argumen tentang presentasi tersebut.
- Perwakilan kelompok lain
mempresentasikan arti perkata dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan.
- Kelompok lain menanggapi dan
memberikan argumen tentang presentasi tersebut.
- Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan yang telah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Guru memberikan penguatan apabila
ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan
Penutup (Berkesadaran)
- Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara
membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan.
- Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
- Peserta didik mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
Pertemuan 2
Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna)
- Peserta didik menjawab salam
guru.
- Perwakilan peserta didik
memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
- Peserta didik menanyakan kabar
guru dan mengecek kehadiran peserta didik.
- Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin
oleh ketua kelas.
- Guru memberikan apersepsi
tentang tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dari buku-buku tafsir.
- Guru memberikan gambaran
tentang tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dari buku-buku tafsir.
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S. Al-Maidah/5:48
dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
- Guru memberikan pertanyaan
pemantik: "Jelaskanlah tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dari buku-buku
tafsir yang Anda ketahui?"
Kegiatan
Inti Memahami (Berkesadaran, Bermakna)
- Guru memberikan permasalahan
tentang tafsir dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan.
- Peserta didik merumuskan
masalah tentang tafsir dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan.
- Peserta didik bertanya terkait
permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.
Mengaplikasi
(Bermakna, Menggembirakan)
- Peserta didik membagi diri
menjadi beberapa kelompok terdiri dari 4-5 orang, dibagi secara acak dan
mempertimbangkan heterogenitas.
- Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah, dengan melakukan aktivitas
pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku tafsir dan melakukan
analisa perbandingan isinya.
- Guru berkeliling melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik, melihat sampel pekerjaan, dan
berdiskusi ringan.
- Guru memberikan bantuan
terbatas jika ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Merefleksi
(Berkesadaran, Bermakna)
- Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi tentang tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dan
hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
- Kelompok lain menanggapi dan
memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
- Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan yang sudah terlibat aktif
dalam pembelajaran.
- Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan
Penutup (Berkesadaran)
- Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu
tafsir dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan.
- Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
- Peserta didik mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
Pertemuan 3
Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna)
- Peserta didik menjawab salam
guru.
- Perwakilan peserta didik
memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
- Peserta didik menanyakan kabar
guru dan mengecek kehadiran peserta didik.
- Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin
oleh ketua kelas.
- Guru memberikan apersepsi
tentang cara mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan gambaran
tentang cara mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S. Al-Maidah/5:48
dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
- Guru memberikan pertanyaan
pemantik: "Bagaimana mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan
hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari?"
Kegiatan
Inti Memahami (Berkesadaran, Bermakna)
- Guru memberikan permasalahan
tentang mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik merumuskan
masalah tentang mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik bertanya terkait
permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.
Mengaplikasi
(Bermakna, Menggembirakan)
- Peserta didik membagi diri
menjadi beberapa kelompok terdiri dari 4-5 orang, dibagi secara acak dan
mempertimbangkan heterogenitas.
- Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah dengan melakukan aktivitas
pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
- Guru berkeliling melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik, melihat sampel pekerjaan, dan
berdiskusi ringan.
- Guru memberikan bantuan
terbatas jika ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Merefleksi
(Berkesadaran, Bermakna)
- Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi tentang mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48
dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Kelompok lain menanggapi dan
memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
- Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan yang sudah terlibat aktif
dalam pembelajaran.
- Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
- Guru memberikan sampel soal
dari Soal Latihan Bab, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 14-18 untuk mengecek pemahaman peserta
didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.
Kegiatan
Penutup (Berkesadaran)
- Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara
mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan
Diri dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman
12-13.
- Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
- Peserta didik mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar