RPP DEEP LEARNING MAPEL PAI KELAS X SMA/SMK


 

Satuan Pendidikan : SMK NUSANTARA

Mata Pelajaran : PAI

Kelas/ Semester : X/ ganjil

Alokasi Waktu : 3x 45 menit (3 PERTEMUAN)

Tahun Ajaran : 2025 / 2026

 

IDENTIFIKASI 

PESERTA DIDIK: Peserta didik pada umumnya adalah tipikal/reguler. Guru akan melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran dimulai untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mereka terkait Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan, serta kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Hasil kuis ini akan digunakan untuk mengelompokkan peserta didik menjadi mahir, sedang, dan kurang dalam membaca Al-Qur’an, sehingga kebutuhan belajar mereka dapat difasilitasi dengan lebih baik. Minat peserta didik akan distimulasi melalui model pembelajaran Discovery Learning dan penggunaan media yang bervariasi seperti PPT dan QR Code dari buku teks. Latar belakang peserta didik yang beragam akan diakomodasi melalui diskusi kelompok dan kesempatan untuk bertanya mengenai permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.

MATERI PELAJARAN: Materi pelajaran ini mencakup kajian Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan. Jenis pengetahuan yang akan dicapai meliputi pemahaman konsep (analisis isi kandungan), prosedural (membaca dan menghafal sesuai tajwid), dan afektif (mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari). Relevansi dengan kehidupan nyata peserta didik sangat tinggi karena materi ini mengajarkan pentingnya berlomba-lomba dalam kebaikan dalam setiap aspek kehidupan. Tingkat kesulitan materi disesuaikan dengan fase E (Kelas X SMK) dan akan disampaikan secara bertahap melalui tiga pertemuan. Struktur materi dimulai dari aspek teknis (membaca dan menghafal), kemudian interpretatif (tafsir isi kandungan), dan terakhir aplikatif (implementasi). Materi ini juga mengintegrasikan nilai dan karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Mandiri, dan Bergotong royong.

DIMENSI PROFIL LULUSAN:

  1. Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
  2. Mandiri
  3. Kolaborasi
  4. Kemandirian

DESAIN PEMBELAJARAN CAPAIAN PEMBELAJARAN: Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan. Peserta didik dapat membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48 tentang kompetisi dalam kebaikan. Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an. Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

TOPIK PEMBELAJARAN: Al-Qur’an dan Hadis/Kajian Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Hadis tentang Perintah untuk Berkompetisi dalam Kebaikan

TUJUAN PEMBELAJARAN: Pertemuan 1: Peserta didik dapat membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48 tentang kompetisi dalam kebaikan. Pertemuan 2: Peserta didik dapat menganalisis Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan, serta menjelaskan isi kandungannya. Pertemuan 3: Peserta didik dapat mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

PRAKTIK PEDAGOGIS:

  1. Discovery Learning
  2. Diskusi kelompok

MITRA PEMBELAJARAN:

  1. Guru bidang studi lain (untuk potensi integrasi materi)
  2. Orang tua (untuk mendukung praktik di rumah)
  3. Komunitas/Tokoh Masyarakat (jika ada relevansi dengan implementasi kebaikan di lingkungan sekitar)

LINGKUNGAN PEMBELAJARAN:

  1. Ruang Fisik: Kelas, Perpustakaan (untuk mengakses buku tafsir), Lingkungan sekolah (untuk implementasi nilai kebaikan)
  2. Ruang Virtual: Platform daring untuk mengakses bahan bacaan tambahan (jika diperlukan)
  3. Budaya Belajar: Kolaboratif, berpartisipasi aktif, dan rasa ingin tahu

PEMANFAATAN DIGITAL:

  1. Perencanaan: PPT (untuk bahan tayang)
  2. Pelaksanaan: QR Code (untuk mengakses buku dan soal)
  3. Asesmen: Kuis (bentuk diagnostik) , Soal latihan bab/tipe AKM (untuk mengecek pemahaman)

PENGALAMAN BELAJAR Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Perwakilan peserta didik memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
  3. Peserta didik menanyakan kabar guru dan mengecek kehadiran peserta didik.
  4. Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas, membaca Q.S. Al-Baqarah/2:48 dan terjemahannya secara tartil.
  5. Guru memberikan apersepsi tentang cara membaca Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  6. Guru memberikan gambaran tentang cara membaca yang benar sesuai tajwid Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cara membaca yang benar Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  8. Guru memberikan pertanyaan pemantik: "Bagaimana cara membaca yang benar Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan?"

Kegiatan Inti Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik melakukan tes membaca Q.S. Al-Maidah/5:48 untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an.
  2. Peserta didik dikelompokkan menjadi tiga kelompok (mahir, sedang, kurang) berdasarkan hasil tes membaca.
  3. Peserta didik berlatih membaca Al-Qur’an dan hadis dengan memindai QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 2 dan 9.
  4. Peserta didik bertanya terkait permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Peserta didik dalam kelompok melakukan Kegiatan Aktivitas Mandiri dan Ruang Kolaborasi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 11 untuk memahami cara membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48.
  2. Peserta didik dalam kelompok berlatih mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Q.S. Al-Maidah/5:48.
  3. Peserta didik dalam kelompok mengidentifikasi arti perkata dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis yang terkait.
  4. Guru berkeliling melihat kegiatan peserta didik dalam kelompok masing-masing dan memberikan bantuan terbatas jika ada kesulitan.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Perwakilan kelompok mempresentasikan hukum tajwid yang terdapat dalam Q.S. Al-Maidah/5:48.
  2. Kelompok lain menanggapi dan memberikan argumen tentang presentasi tersebut.
  3. Perwakilan kelompok lain mempresentasikan arti perkata dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  4. Kelompok lain menanggapi dan memberikan argumen tentang presentasi tersebut.
  5. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan yang telah terlibat aktif dalam pembelajaran.
  6. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Kegiatan Penutup (Berkesadaran)

  1. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara membaca dan menghafal Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  2. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
  3. Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam penutup.

Pertemuan 2 Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Perwakilan peserta didik memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
  3. Peserta didik menanyakan kabar guru dan mengecek kehadiran peserta didik.
  4. Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.
  5. Guru memberikan apersepsi tentang tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dari buku-buku tafsir.
  6. Guru memberikan gambaran tentang tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dari buku-buku tafsir.
  7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  8. Guru memberikan pertanyaan pemantik: "Jelaskanlah tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dari buku-buku tafsir yang Anda ketahui?"

Kegiatan Inti Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Guru memberikan permasalahan tentang tafsir dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  2. Peserta didik merumuskan masalah tentang tafsir dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  3. Peserta didik bertanya terkait permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri dari 4-5 orang, dibagi secara acak dan mempertimbangkan heterogenitas.
  2. Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku tafsir dan melakukan analisa perbandingan isinya.
  3. Guru berkeliling melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik, melihat sampel pekerjaan, dan berdiskusi ringan.
  4. Guru memberikan bantuan terbatas jika ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  2. Kelompok lain menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
  3. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
  4. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Kegiatan Penutup (Berkesadaran)

  1. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu tafsir dari Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  2. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
  3. Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam penutup.

Pertemuan 3 Kegiatan Awal (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Perwakilan peserta didik memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
  3. Peserta didik menanyakan kabar guru dan mengecek kehadiran peserta didik.
  4. Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.
  5. Guru memberikan apersepsi tentang cara mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Guru memberikan gambaran tentang cara mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan.
  8. Guru memberikan pertanyaan pemantik: "Bagaimana mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari?"

Kegiatan Inti Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Guru memberikan permasalahan tentang mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peserta didik merumuskan masalah tentang mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Peserta didik bertanya terkait permasalahan seputar tema kompetisi dalam kebaikan.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri dari 4-5 orang, dibagi secara acak dan mempertimbangkan heterogenitas.
  2. Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
  3. Guru berkeliling melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik, melihat sampel pekerjaan, dan berdiskusi ringan.
  4. Guru memberikan bantuan terbatas jika ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kelompok lain menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
  3. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
  4. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
  5. Guru memberikan sampel soal dari Soal Latihan Bab, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 14-18 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.

Kegiatan Penutup (Berkesadaran)

  1. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:48 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas X halaman 12-13.
  3. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
  4. Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam penutup.

 Cek di https://lynk.id/muh.anas13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar