RPP PEMBELAJARAN MENDALAMI (DEEP LEARNING) MAPEL BAHASA INGGRIS KELAS X SMK

 


RPP PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)

 

Satuan Pendidikan    : SMK Nusantara

Mata Pelajaran        : BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester        : X/Ganjil

Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit (6 PERTEMUAN)

Tahun Ajaran        : 2025/2026

 

 

IDENTIFIKASI 

PESERTA DIDIK: Peserta didik adalah siswa reguler/tipikal di kelas X SMK. Sebelum pembelajaran, guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis untuk mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik. Minat peserta didik akan dipicu melalui pertanyaan pemantik terkait gambar dan video yang relevan dengan fabel. Latar belakang dan kebutuhan belajar peserta didik akan dipertimbangkan melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang bervariasi, termasuk diskusi kelompok, presentasi, dan analisis teks. Guru juga menyiapkan bahan tayang PPT materi beberapa fabel yang familiar untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar.

MATERI PELAJARAN: Materi pelajaran ini berfokus pada fabel sebagai teks naratif. Jenis pengetahuan yang akan dicapai meliputi pemahaman konsep (pengertian, struktur umum, unsur kebahasaan fabel ), prosedural (mengidentifikasi kosakata baru , menganalisis isi cerita , mempresentasikan ide ), dan metakognitif (merefleksikan pembelajaran ). Relevansi dengan kehidupan nyata peserta didik terwujud melalui eksplorasi moral dalam fabel dan bagaimana cerita tersebut dapat diterapkan. Tingkat kesulitan materi disesuaikan dengan fase E, dimulai dari identifikasi dasar hingga analisis mendalam dan produksi. Struktur materi tersusun secara sistematis, dimulai dari pengenalan fabel, analisis unsur kebahasaan, hingga pengembangan ide cerita. Integrasi nilai dan karakter ditekankan melalui Profil Pelajar Pancasila, seperti Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar kritis, Kreatif, dan Bergotong royong, yang tercermin dalam diskusi kelompok, pemecahan masalah, dan presentasi.

DIMENSI PROFIL LULUSAN:

  1. Bernalar Kritis: Peserta didik dapat mengidentifikasi , mengolah, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi dari fabel , serta menganalisis unsur kebahasaan.
  2. Kreativitas: Peserta didik dapat mempresentasikan ide-ide yang berhubungan dengan plot pengembangan fabel dan melakukan brainstorming ide untuk membuat fabel.
  3. Bergotong Royong: Peserta didik terlibat dalam diskusi berpasangan dan kelompok , saling memberikan tanggapan, serta berkolaborasi dalam aktivitas pembelajaran.
  4. Mandiri: Peserta didik secara individu mengerjakan lembar kerja dan merefleksikan pembelajaran.

DESAIN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN: Peserta didik dapat mengidentifikasi fabel sebagai teks naratif. Mereka dapat memahami pengertian, struktur umum, dan unsur kebahasaan dari sebuah fabel. Peserta didik juga mampu mengolah, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi dari beberapa contoh fabel , serta mengidentifikasi dan menjelaskan makna kosakata baru. Selain itu, peserta didik dapat mempresentasikan ide-ide yang berhubungan dengan plot pengembangan fabel dalam bentuk presentasi dan diskusi dalam kelas. Mereka juga diharapkan memahami past tense, sequence words, noun phrases, reported speech, dan adverbs.

TOPIK PEMBELAJARAN: Fabel dan Teks Narasi

TUJUAN PEMBELAJARAN:

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi fabel sebagai teks naratif.
  • Peserta didik dapat memahami pengertian, struktur umum, dan unsur kebahasaan dari sebuah fabel.
  • Peserta didik dapat mengolah, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi dari beberapa contoh fabel.
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menjelaskan makna kosakata baru dan yang jarang digunakan dalam sebuah fabel.
  • Peserta didik dapat mempresentasikan ide-ide yang berhubungan dengan plot pengembangan fabel dalam bentuk presentasi dan diskusi dalam kelas.
  • Peserta didik dapat memahami past tense, sequence words, noun phrases, reported speech, adverbs.

PRAKTIK PEDAGOGIS:

  1. Pembelajaran Berbasis Proyek (membuat teks fabel)
  2. Diskusi kelompok , eksplorasi audio/video , analisis teks , dan presentasi.

MITRA PEMBELAJARAN:

  1. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia (untuk kolaborasi dalam pemahaman teks narasi)
  2. Peserta didik lain (sebagai mitra diskusi dan pemberi tanggapan)
  3. Komunitas/Pakar Cerita (jika memungkinkan, untuk memberikan wawasan lebih tentang fabel dan penceritaan)

LINGKUNGAN PEMBELAJARAN:

  1. Ruang Fisik: Ruang kelas yang dilengkapi LCD, proyektor, dan papan tulis untuk mendukung aktivitas pembelajaran tatap muka.
  2. Ruang Virtual: Platform daring (YouTube) untuk menayangkan video dan mendengarkan file audio.
  3. Budaya Belajar: Kolaboratif melalui diskusi kelompok , partisipasi aktif dalam tanya jawab dan presentasi, serta menumbuhkan rasa ingin tahu melalui pertanyaan pemantik.

PEMANFAATAN DIGITAL:

  1. Perencanaan: Penggunaan dokumen digital (Modul Ajar) untuk perencanaan pembelajaran.
  2. Pelaksanaan:
    • File audio fabel.
    • Video trailer film ("The Lion King - 2019") dan series ("The Lion Guard Ep.1").
    • Video "Why is storytelling is so powerful in digital era?".
    • Bahan tayang PPT materi fabel.
  3. Asesmen: Soal pengayaan dan remedial yang dapat diunduh dengan scan QR dan dikerjakan secara digital.

PENGALAMAN BELAJAR

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 JP) Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat mengidentifikasi fabel sebagai teks naratif.

Kegiatan Awal (10’) (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan dipimpin salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
  3. Peserta didik menjawab presensi guru dan menyiapkan sumber belajar.
  4. Peserta didik menyimak Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
  5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru.
  6. Guru memberikan Pertanyaan Pemantik untuk menstimulasi pemikiran awal peserta didik: a. "What do you see in the picture?" b. "What is your opinion once you have looked at the picture?" c. "If you are asked to make up a story about the picture, what topic would your story probably be about?" d. "What kind of problem might occur in the story that you want to make up or tell?"
  7. Peserta didik menyimak topik dan agenda pembelajaran.

Kegiatan Inti (70’) 

Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik diperdengarkan file audio yang berkaitan dengan fabel.
  2. Peserta didik mengidentifikasi kosakata unfamiliar yang terdengar dari file audio tersebut.
  3. Peserta didik mengidentifikasi dan memahami isi cerita dalam file audio tersebut.
  4. Secara berpasangan, peserta didik mendiskusikan dan membayangkan bermain peran terkait cerita yang didengar sebelumnya.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Setelah itu, peserta didik secara berpasangan memecahkan masalah yang tersedia dalam sebuah infografis dan dikaitkan dengan cerita yang ada dalam file audio.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Masing-masing pasangan peserta didik memberikan tanggapan terhadap hasil pasangan lain.

Kegiatan Penutup (10’) (Berkesadaran)

  1. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Guru memberi tugas mencari dan membaca beberapa fabel yang terkenal.
  3. Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2 (2 JP) Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat memahami pengertian, struktur umum, dan unsur kebahasaan dari sebuah fabel.

Kegiatan Awal (10’) (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan dipimpin salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
  3. Peserta didik menjawab presensi guru dan menyiapkan sumber belajar.
  4. Peserta didik menyimak Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
  5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru.
  6. Guru memberikan Pertanyaan Pemantik terkait beberapa teks fabel yang terkenal: a. "Have you ever read those fables?" b. "What do you think about the fable?"
  7. Peserta didik menyimak topik dan agenda pembelajaran.

Kegiatan Inti (70’) Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik membaca sebuah teks fabel yang terdapat di buku.
  2. Peserta didik mengidentifikasi makna beberapa kosakata dari teks tersebut.
  3. Peserta didik mengidentifikasi bentuk lain beberapa kosakata dari teks tersebut.
  4. Peserta didik menganalisis dan mendiskusikan isi teks fabel secara klasikal berdasarkan materi tentang pengertian, struktur umum, dan unsur kebahasaan dari teks fabel.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Setelah itu, peserta didik memecahkan masalah yang tersedia dalam sebuah infografis dan dikaitkan dengan teks fabel sebelumnya.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Masing-masing pasangan peserta didik memberikan tanggapan terhadap hasil pasangan lain.

Kegiatan Penutup (10’) (Berkesadaran)

  1. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 JP) Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat mengolah, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi dari beberapa contoh fabel.

Kegiatan Awal (10’) (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan dipimpin salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
  3. Peserta didik menjawab presensi guru dan menyiapkan sumber belajar.
  4. Peserta didik menyimak Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
  5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru.
  6. Guru memberikan Pertanyaan Pemantik terkait trailer film The Lion King - 2019: a. "Have you ever watched the movie?" b. "Who is your favorite character in the movie?" c. "What is the film about?"
  7. Peserta didik menyimak topik dan agenda pembelajaran.

Kegiatan Inti (70’) 

Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Guru menayangkan Series The Lion Guard Ep.1 dan mengajak seluruh peserta didik untuk menonton dan mengamati video tersebut.
  2. Secara individu, peserta didik mengerjakan lembar kerja yang tersedia dalam buku.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Peserta didik menganalisis dan mengeksplorasi genre dan tim produksi dari Series yang baru saja ditonton menggunakan lembar kerja yang tersedia dalam buku.
  2. Peserta didik menganalisis dan mengeksplorasi karakter dan plot dari Series yang baru saja ditonton menggunakan lembar kerja yang tersedia dalam buku.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik mendiskusikan hasil analisis mereka (opsional, jika waktu memungkinkan) atau guru memberikan umpan balik secara klasikal.

Kegiatan Penutup (10’) (Berkesadaran)

  1. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4 (2 JP) Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menjelaskan makna kosakata baru dan yang jarang digunakan dalam sebuah fabel.

Kegiatan Awal (10’) (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan dipimpin salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
  3. Peserta didik menjawab presensi guru dan menyiapkan sumber belajar.
  4. Peserta didik menyimak Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
  5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru.
  6. Guru memberikan Pertanyaan Pemantik terkait aktivitas “telling a story”: a. "How powerful is the fable for us?"
  7. Guru menayangkan cuplikan video yang berjudul “Why is storytelling is so powerful in digital era?” (00.00 - 01.59).
  8. Peserta didik menyimak topik dan agenda pembelajaran.

Kegiatan Inti (70’) 

Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Guru menunjuk peserta didik secara berpasangan dan bergantian untuk membacakan dialog dengan lantang.
  2. Secara individu, peserta didik mengisi lembar kerja yang tersedia.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Guru membuat kelompok peserta didik untuk berdiskusi mengenai teks fabel favorit mereka.
  2. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis isi teks fabel tersebut ke dalam lembar kerja yang ada.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok (jika waktu memungkinkan) atau guru memberikan umpan balik secara klasikal terhadap hasil identifikasi dan analisis.

Kegiatan Penutup (10’) (Berkesadaran)

  1. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya.

Pertemuan 5 (2 JP) Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat mempresentasikan ide-ide yang berhubungan dengan plot pengembangan fabel dalam bentuk presentasi dan diskusi dalam kelas.

Kegiatan Awal (15’) (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan dipimpin salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
  3. Peserta didik menjawab presensi guru dan menyiapkan sumber belajar.
  4. Peserta didik menyimak Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
  5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru.
  6. Guru memberikan Pertanyaan Pemantik terkait pelajaran pada pertemuan sebelumnya: a. "Are you ready to develop your own story?"
  7. Peserta didik menyimak topik dan agenda pembelajaran.

Kegiatan Inti (70’)

Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Secara berkelompok, peserta didik melakukan brainstorming ide awal untuk membuat sebuah teks fabel.
  2. Secara berkelompok, peserta didik mengeksplorasi mind map dari teks fabel yang disediakan.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Setiap kelompok peserta didik melanjutkan mind map menjadi sebuah story planner.
  2. Masing-masing kelompok peserta didik mempresentasikan cerita yang sudah dibuat.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik memberi tanggapan terhadap presentasi kelompok lain.
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi dan ide cerita peserta didik.

Kegiatan Penutup (10’) (Berkesadaran)

  1. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya.

Pertemuan 6 (2 JP) Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat memahami past tense, sequence words, noun phrases, reported speech, adverbs.

Kegiatan Awal (10’) (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik menjawab salam guru.
  2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan dipimpin salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
  3. Peserta didik menjawab presensi guru dan menyiapkan sumber belajar.
  4. Peserta didik menyimak Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
  5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru.
  6. Guru memberikan Pertanyaan Pemantik terkait frasa kata benda, kalimat langsung/tidak langsung, dan kata keterangan: a. "Do you know about past tense?" b. "Do you know about sequence words?" c. "Do you know about noun phrases?" d. "Do you know about reported speech?" e. "Do you know about adverbs?"
  7. Peserta didik menyimak topik dan agenda pembelajaran.

Kegiatan Inti (70’) 

Memahami (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis past tense yang terdapat dalam beberapa teks fabel yang tersedia.
  2. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis sequence words yang terdapat dalam beberapa teks fabel yang tersedia.
  3. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis noun phrases yang terdapat dalam beberapa teks fabel yang tersedia.
  4. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis reported speech yang terdapat dalam beberapa teks fabel yang tersedia.
  5. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis adverbs yang terdapat dalam beberapa teks fabel yang tersedia.

Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)

  1. Peserta didik mempraktikkan penggunaan unsur kebahasaan tersebut dalam kalimat atau konteks sederhana.

Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)

  1. Guru memberikan umpan balik dan klarifikasi terhadap pemahaman peserta didik mengenai unsur kebahasaan.

Kegiatan Penutup (10’) (Berkesadaran)

  1. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya.



lampirannya

2 komentar: